Al-Quran Terbesar di Dunia

Coba tebak, dimana letak Al-Quran terbesar di dunia? Apakah jawabannya Arab Saudi, Turki, Mesir, atau negara Timur Tengah lainnya? Jawabannya salah. Al-Quran terbesar di dunia, ada di negara kita. Indonesia. Lebih spesifik lagi, ada di kota Palembang.
Kemudian, sebesar apa Al-Qurannya? Satu meter, atau dua meter? Jawabnya adalah, satu bangunan. Yaa, satu bangunan ini isinya Al-Quran semua. Terbuat dari papan kayu yang dipahat. Satu lembar al-Quran dipahat di sebuah papan kayu.


Sejujurnya, ini adalah kali pertama aku ke sini. Sudah sejak lama mau ke sini, hanya wacana saja. Namun, beberapa hari yang lalu, seorang teman mendadak untuk mengajak pergi ke sini.
"Doo, sekarang lagi kosong kah?" katanya melalui pesan WhatsApp.
"Kenapa?" kataku.
"Ayook kita ke Rumah Quran!"
"Kapan?"
"Sekarang!"
-_-

Eh tapi.. Biasanya, suatu perjalanan yang direncanakan hanya akan jadi rencana. Namun, kalo mendadak, biasanya akan jadi terlaksana. Dan emang bener. Kami kemudian berangkat ke sana.

Wisata Religi Al-Quran Raksasa, adalah nama tempat yang tertulis di Google Maps. Nama lain juga disebut Bayt Al-Quran Al-Akbar. Tempat wisata ini terletak di kawasan pesantren. Lokasinya di Kecamatan Gandus, kota Palembang.
Al-Quran Al-Akbar didirikan oleh Ustadz Syofwatillah. Beliau adalah mantan anggota DPR RI dari Sumatera Selatan, fraksi Partai Demo*krat. Beliau adalah anak dari Marzukie Ali, mantan ketua DPR RI yang juga dari Demo*krat. Memang mereka sepertinya keluarga elit partai sih, hahaa.

Tiket masuknya, Rp 20.000. Tidak mahal. Namun tidak juga murah untuk kantong kami, para fresh garudate yang sedang mencari kerja. Hahaa.
Ketika masuk ke sini, kamu harus mengenakan pakaian yang menutup aurat. Tidak boleh menggunakan celana pendek. Namun, tenang saja, di sana disediakan sarung yang bisa dipakai. Tetapi, aku tidak tahu. Apakah sarung itu dipinjamkan, atau disewakan.
Kenapa harus masuk dengan menutup aurat? Apakah aturan ini intoleran?
Menurutku, adalah wajar sebab kita berada di dalam bangunan yang isinya Al-Quran semua. Adab-adab terhadap Al-Quran tetap harus diperhatikan.

Hal lain yang cukup menarik perhatian adalah murattal. Audio pembacaan Al-Quran terus dilantunkan sepanjang waktu di sini, berasal dari pengeras suara yang ada. Setahuku, murattal tersebut dilantunkan oleh Syaikh Misyari Rasyid Al-`Afasyi.


Well, di postingan kali ini aku tidak akan banyak menulis. Banyak share foto saja lah yaaa ~



Daftar nama donatur. Nama Dr. H. Dodo Nugraha kenapa tidak ditulis yaaak wkqk

Prasasti peresmian, ditanda tangani oleh Presiden SBY

Di belakang bagian utama, terdiri dari lima lantai 

Bagian dalam dari bangunan utama, sayangnya hanya satu lantai yang dibuka.


Kalo kamu mengira ukuran lembaran dari ukiran Quran ini kecil, kamu salah. Ini adalah perbandingan dengan tinggi manusia.

Foto terakhir, pelaminan khas Palembang. Ini cuma jokes yaa. Kami manusia normal, kok. Bukan Maho hhahaa!

Terakhir, pesan sponsor. Apabila kamu mau melihat perspektif lain dari perjalananku, kamu bisa mengunjungi blog temanku; Aldan. Cerintaya berjudul Wisata Religi di Kota Palembang: Al-Qur'an Al-Akbar.
Thank you... 

Share:

73 komentar

  1. Subhanallah... ternyata bukan di Timur Tengah tapi lokasinya ada di negara kita spesifiknya di kota Palembang.. Wah mantap banget Al-Quran. Apa setiap lembar Al-Quran dipajang di dalam museum ini?
    Itu kenapa lagi wajahnya ditempelin stiker gambar mata satu? Kok serem matanya satu.
    Maaf nich sebelumnya aku jadi ngakak bener baca teks foto terakhir duduk di pelaminan, kami manusia normal bukan maho..wkwkwkwk.. lagian temen cowok kok diajak foto berdua di pelaminan?? wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, betul. Katanya sih gitu mba. Seluruhnya dipajang d sini...

      Hapus
  2. yang saya heran dari postingan ini adalah kenapa nama partai itu disensor padahal tulisannya walo disensor udah jelas kebaca.

    kemudian, kenapa foto wajahnya disamarkan, apakah sang penulis malu atau rendah hati ga mau narsis haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkowk, jadi ketahuan yaa Demokrat 😅

      Hapus
    2. harusnya sensornya lebih keren mas seperti De*mokrat wokwokwok

      Hapus
  3. Aku yg baca judul tak sangka Al-Qurannya bentuknya dalam bntuk buku gtu Do. Tapi ini ternyata udh dipisah berdasarkan lembaran raksasa gtu yah...

    Sbnernya di Indonesia ada 6 kalau nggk salah Al-Quran raksasa.. satu yg pernah aku lihat itu ada di Banyuwangi kalau nggk salah... soalnya udh lama banget...

    Hahahaha foto terakhir lucu beud captionnya.. ahh tapi nggk papa foto berdua sama cowok. 😅 saya yah kalau makan, kalau ada yg sakit yah seringnya pergi berdua sama temen kontrakan. 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yaa, ada juga yaa di Banyuwangi. Aku baru tahu loh hehee

      Hapus
    2. betul mas bayu, saya juga menduga bakal berbentuk buku awalnya.. ahh ternyata

      Hapus
  4. Besar sekali ya, mas Dodo hehehehe, tapi saya penasaran kenapa ada pelaminan di sana? Apa hubungannya? Masih bertanya-tanya 😂 Nggak mungkin kan disiapkan khusus karena kedatangan mas Dodo dan temannya? *signal hilang* 🤣

    Ohya melihat daftar nama donaturnya jadi salfok dengan beberapa nama. Isinya orang penting semua, hehehehe, mungkin Dr. H. Dodo Nugraha bisa jadi donatur pada museum berikutnya, siapa tau nanti buka di kota lain, kan? 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, nampaknya pelaminan itu buat tempat foto-foto pasangan yaa. Tapi itu kami gunakan secara salah, hahahaa

      Hapus
  5. ya kudoakan semoga para fresh graduate ini segera menyandang gelar baru dan berganti status biar tiketnya dengan harga segitu terbilang murah hehehe

    subhanalloh Keren dan cool sekali ternyata wisata religi di Palembang ya Do

    biasanya kalau wisata religi kebanyakan aku taune masjid yang indah dan besar besar...sekarang aku jadi tahu tempat keren ini

    biar kutebak, paling sarungnya itu buat dipinjamkan lah ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. makasih yaa mbak
      Palembang emang keren hahaa

      Hapus
  6. Luar biasa besarnya...Lhoo kamu photo2 disitu Do??...Masa jeruk minum Jeruk..Harusnya sama pasangan Do.🤣🤣 Bukan sama batangan..🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh kek pernah dengar jeruk minum jeruk, kayak iklan yang satu itu lho

      Hapus
  7. waaaww gede banget yaa
    baru tahu ternyata ada di Indonesia
    tapi di Palembang yaa. semoga di Jawa segera ada 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. yok ke Palembang buat liat Al Quran terbesar tersebut, tapi ongkos masing-masing ya wkwkwk

      Hapus
  8. Harga tiketnya murah banget
    Kalau dekat, saya kesana nih
    Para donaturnya sungguh luar biasa
    Ancung jempol

    BalasHapus
  9. jadi pengen kesitu mas gw, tapi jauh hahahah :D.. iya memang wajar lah ya kalo dateng ke tempat suci meski wisata harus nemakai pakaian tertutup, kalo cuma pakai singlet gak sopan namanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayook ke sini heheh

      Laaah, bener juga. Ga sopam dong kalo pake singlet doang mah kang khanif waahahaahaaa

      Hapus
  10. Tapi aku gak heran kalau Al-Qur'an terbesar ada di Indonesia, Dooo. Soalnya kan umat muslim yang jumlahnya terbesar juga ada di Indonesia, kan? Hehehe 🤭

    Ngomong-ngomong aku pikir ukurannya agak kecil, lho. Paling gak satu halaman itu se pinggang orang dewasa. Ternyataaaaaa. Lebih tinggi dari tinggi rata-rata tinggi orang Indonesia ya, Dooooo. Masyaallah.😍

    Sik sik, ngomong-ngomong kenapa wajah kamu kamu sensor juga, Dooooo? Apa jangan-jangan malu nih, foto di pelaminan bareng si boyfriend?🤣🤣🤣 *Kaboooor 🏃🏃🏃

    BalasHapus
  11. Banyak kawan Palembang sering bilang, nanti pas dolan sana kudu bangari, bakal diajak ke sini hahahaha. Belum juga kesampaian, eh udah pandemi duluan. Nasib haaaa

    BalasHapus
  12. Sepertinya kita pernah berwacana untuk pergi bersama ke tempat ini deh~

    BalasHapus
  13. wow...baru tahu, kalau Al-qur'an terbesar ada di Palembang....
    thank you for sharing your post.

    BalasHapus
  14. saya tidak bisa berkata-kata, karena menemukan fakta ternyata Indonesia mempunyai kitab suci terbesar di dunia, wow, hebat

    BalasHapus
  15. Sip banget bang dodo ceritanya ringan banget di baca, btw selama kuliah saya juga belum pernah ke sana

    BalasHapus
  16. Wah ternyata ada di Palembang ya Mas Dodo.. Keren, apalagi selama di sana sambil dengerin murotal Al quran yg selalu nyala di situ. Pasti rasanya adem banget ya..
    Eh ternyata itu pake ukiran kayu khas Palembang juga yaa..

    BalasHapus
  17. Whew keren ya.. Bisa jadi wisata religius ini tempatnya..

    BalasHapus
  18. Ternyata Al-Qur'an terbesar adanya di kota Palembang ya.😃

    Tiket masuknya tidak mahal bagi yang punya duit banyak, tapi bagi pengangguran memang lumayan.

    Perbandingan antara ukiran kayu yang berisi ayat Alquran dengan manusia lebih gede ukirannya ya. Tidak terbayangkan berapa besar biaya pembuatannya. Untung ada donaturnya, salah satunya H. Dodo Nugroho.😄

    BalasHapus
  19. Oh, ini postingan kembar dengan post-nya mas Aldan ya ?.
    O, iya ding kalian travellingnya bertiga kok, ya ... 😊.

    Eh tapi, kenapa sih kayak di foto di post nya mas Aldan juga, foto disini juga wajahnya diganti ditutupi smiley sih 🤔 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk bener, postingan kembar dan udah janjian kalo wajahnya disensor haha

      Hapus
  20. mas sensornya kenapa mata satu
    kan jadi kayak plankton (apaan si hehe)

    subhanallah aku selalu takjub sama al quran raksasa
    yah di luar masalah politik ya tapi adanya al quran ini jadi penyemangat buat belajar lebih baik lagi
    cus ah ke palembang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mata satu, konspirasi illuminati wahyudi jangan2 hahaha

      Hapus
  21. MasyaAllah tabarakallah. Jd bangga nian dgn Palembang ni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah bener nian, jadi bangga samo Plembang, eh mbak hahaa

      Hapus
  22. Subhanallah, bangga ama Palembang, bisa punya al-qur'an terbesar di dunia.

    BalasHapus
  23. Masya Allah... jd ada di Palembang ya Al-Quran terbesar tuh...

    BalasHapus
  24. Palembang juga terkenal dengan banyak para ulama serta Kyai yaa Do.😊😊

    BalasHapus
  25. Oh jadi Al Bayt Qur'an terbesar di dunia adanya di Palembang? Kudu ke sana ah kalo kesampaian traveling ke surganya mpek2 hehehe. Itu kenapa jadi manusia mermata satu jadinya kan jelek hahaha pake ditutupin kepalanya. Kan pake baju jadi ga usah malu hahaha :D

    BalasHapus
  26. Wahhh gede dan banyak banget gitu ya mas al quran nya.
    Aku masih salfok sama pelaminan, kenapa ada pelaminan dan mas foto di pelaminan sama laki hahaha, lain kali bisa kali ajak cewek aja buat foto disitu hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiihihihi, mau nya sih gitu, tapi si cewe ga mau #Ehh

      Hapus
  27. Kapan ya ini dibangun, saya tidak pernah melihat ini selama di palembang, dan saya baru tau banget kalau ada seperti ini di palembang.. Wahh jadi pengen pulang ke palembang lagii, nyesel banget gak tau lebih awal huhuhu

    BalasHapus
  28. Mudah-mudahan diberi kesempatan untuk pergi kesana:"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo kapan2 mungkin anak Blogsri kita agendakan ke sana ehee

      Hapus
  29. Aku tahunya Bayt quran tuh adanya d jakarta malah, Do. Wah, semoga suatu saat bisa ke sana yaa.ini desainnya bagus banget, emas emas gt warnanya. Km sempet albaca apa lewat jepret aja do? *kepo

    Kenapa yaa yang diputer bacanya Allah Mishari, pengen gt dengerin murottal yg diputer qiro qiroah asal Indonesia,biar banyk org tahu jg kalo kualitas qiroah qiroah indo jg bnyk yg bagus. Coba km bisa usulin ke para donatue atau penjagnya nggak do? 😁

    BalasHapus
  30. Masya Allah, jadi pengen ke sana juga kak. Semoga ada kesempatan untuk berkunjung dan melihat Al Quran terbesar.

    BalasHapus
  31. Subhanallah keren banget. Di luar dugaan, ternyata super gede.
    Semoga lain waktu bisa berkunjung ke sana juga.

    BalasHapus
  32. Aku ke museum Alquran ini pas trakhir ke Palembang dulu. Di ajak Ama sepupu. Takjub sih Ama lembarannya bisa sebesar itu. Berapa lamalaaah itu bikinnya :D.

    Tapi aku jujurnya pas kesana ga kuat Ama aroma karet yg kuat bgt mas. Itu Deket pabrik ato perkebunan karet kan yaaa. pusing nyiumnyaaa :D

    BalasHapus
  33. "Biasanya, suatu perjalanan yang direncanakan hanya akan jadi rencana. Namun, kalo mendadak, biasanya akan jadi terlaksana."

    Tepat sekali pernyataan ini mas. Selalu aja kayak gitu... Huhuuuu...

    Wah keren sekali!! Satu bangunan terus lembaran quran! Gak pernah tau ada museum seperti ini. Pada mulanya saya fikir saiznya quran itu yang besar!

    BalasHapus
  34. wishlist bisa mampir ke Kampung Al-Quran
    temen temen banyak yang bercerita soal tempat ini, penasaran pake banget
    sampe dibikin ayat al-quran dipajang seperti pigura gitu ya

    BalasHapus