Kangg Mas Joe-mblo, yang Tidak joe-mblo Lagi!

Dari membaca judulnya, kamu pasti sudah tahu arah tulisan ini kemana. Yaps. Aku sudah resmi melepas masa lajang. Tanggal 5 Februari 2023. Sekira dua pekan lalu. Alhamdulillah.

Dengan siapakah aku berjodoh?
Jika kamu pembaca blogku sejak lama, kamu akan menemukan salah satu tokoh fiksi, yang sebetulnya tidak fiksi sih. Dia adalah sahabat perempuanku, yang beberapa kali aku ceritakan dalam narasi seolah fiksi.
Yaa, akhirnya perempuan yang sudah aku suka sejak lama, bisa aku nikahi. Alhamdulillah.

Bagaimana prosesnya?
Benar-benar skenario Allah. Tidak dibuat-buat. Saat itu, tanggal 10 November 2022. Ntah kenapa, aku merasa rindu dengan aktivitas blogging. Karena (sok) sibuk bekerja sebagai budak korporat swasta.
Seteguk air kemudian, aku membaca tulisan-tulisan lama dan men-share link tulisan itu ke status WhatsApp.
Seorang sahabat yang sudah lama tak bertukar kabar, sebut saja “doi” kemudian merespon status WA itu.
OMG, baru pertama kali ini aku baca semua tulisan Dodo😂
Thankyou udah menulis sesuatu tentang diriku. Aku udah lama banget gak ketawa kayak pagi ini doo. I'm lucky to having you as my best friend.
Tulisannya kayak tulus banget hahahaha.

Oh yaa, selepas itu, doi langsung buat twit dan aku sejujurnya sangat senang dengan twit itu, ehhee.


Aku kemudian sedikit bertanya tentang keadaannya, doi sedang sakit. Baru saja operasi di Bandung. Setelah banyak obrolan yang dibahas, melalui chat WA tersebut, kemudian doi bilang bahwa doi hendak ingin menikah. Doi memintaku untuk mencarikan calon suami yang sekira cocok. Doi sekaligus mengirimkan proposalnya. Biodata untuk ta’aruf, dan meminta agar menyerahkan proposal itu ke orang yang tepat.
Doi sudah sangat percaya kepadaku untuk mencarikan jodohnya.

Di sisi lain, aku juga memang sedang mencari istri. Izin dari orangtua sudah dikantongi. Dan hari-hari sebelumnya, aku selalu berdoa. Dalam doa Istikharah-ku, kumunajatkan kepada-Nya bahwa aku menginginkan jodoh yang terbaik. Hampir setiap malam, doa itu selalu aku ulang-ulang.
Dan dengan datangnya proposal doi, (walaupun konteksnya doi tidak menawarkan dirinya, melainkan meminta tolong kepadaku untuk mencarikan calon suami buatnya) aku menganggap itu adalah suatu pertanda dari Allah. Jawaban atas istikharah-ku.

Jadi, yaudah, bismillah. 14 November 2022, empat hari setelah itu, aku mengabarkan ke doi. Sore aku chat doi di WA, minta izin apakah malam setelah Maghrib free, ada hal penting yang ingin aku bicarakan.

Dan akhirnya, dalam sambungan telepon, seusai shalat Maghrib dan setelah sedikit basa-basi, doi bertanya, “Mau ngobrolin apa?”

Dengan mantap (walaupun sangat grogi saat itu), aku bilang kepadanya, “Terkait proposal Ta’aruf kamu kemarin. Ehmm.. apakah.. boleh.. aku.. yang.. mengajukan.. diri.. untukmu… Maksudku, aku mau ajak kamu Ta’aruf!”
Yaps, saat itu aku bicara dengan sangat patah-patah. Ehehe..

Dan apa katanya?
Dengan sangat enteng doi menjawab, “Iya, boleh!”
Deg! Rasanya saat itu senang sekali hati ini. Terharu. Kayak pengen nangis. Dalam hati ini ingin salto, dan berteriak.. MAMAKK ANAKMU BENTAR LAGI MAU KAWIN!!

Bersambung..

Share:

33 komentar

  1. Ya Alloh...ikut seneng banget aku bacanya Dek Dodo...hehehe...soalnya ngikutin banget post postnya dulu yang pengen taarufan dengan sang pujaan hati yang kini telah sah menjadi istri...hehe sampe speechless aku bacanya. Bahagia ya Dodo dan Novia...semoga kebaikan dan keberkahan selalu ada dalam pernikahan kalian berdua...amin ya rob ☺

    BalasHapus
  2. Sudah sangat jelas bawah tweetnya kode keras, sekeras beton.

    Ehem… ditunggu pak versi cerpennya tapi agak dramatis gituh. Pasti seru dah.

    Bener-bener pengantin baru ya. Sebagai pengunjung blog baru, saya merasa beruntung bisa mendapatkan cerita tentang hidup baru yang empunya blog.

    Soal calon istri, kalo saya dah ada walaupun saya belum siap apa-apa. Calonnya dah ngebet banget lagi. Duit belum siap duit ahahahha

    BalasHapus
  3. Wah.. alhamdullilah mas..kalo udah menikah..moga samawa yaa..amiin...turut bahagia..walopun saya blom pernah kenal maseh😁🙏..kayak cerita sinetron aja sih awal kenal sampe ta'aruf dan menikah..suka takjub gitu kalo ketemu pasangan yg model gini...😊

    BalasHapus
  4. Asik dong, bisa aha ihi.. hihi

    Taaruf ini khusus buat anak pesantren saja atau boleh juga buat umum kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat umum, mas..
      Saya aja bukan anak pesantren kok..
      Kecuali.. pesantren kilat hahaaa

      Hapus
  5. Selamat mas Dodo, akhirnya menikah juga, ikut senang dengarnya. Semoga jadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah.😀

    Pertemuannya dimana nih sama doi? Apakah di Bandung apa Jakarta? 😁

    BalasHapus
  6. Akhirnya mas Joe meninggalkan masalah dan mendatangkan masalah baru buat nantinya.😁😁😁

    Selamat2... Nah kalau udah begini jangan ngelarak-lirik anak gadis lainnya Joe.🤣🤣🤣

    Oiya acaranya Dipalembang apa dijakarta Joe.??

    Semoga langgeng sampai kakek dan nenek yaa..😊😊👏👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Palembang kang...

      Aamiin, makasih doanyaa 😀😊

      Hapus
  7. Tak sengaja lewat depan rumahmu
    Ku melihat ada tenda biru
    Dihiasi indahnya janur kuning
    Hati bertanya, "Pernikahan siapa?"

    😁😁😁😁

    selamat pengantin baru mas dan doi😀semoga berbahagia hingga ke syurga
    barakallahulakuma...

    BalasHapus
  8. Selamat yaa mas do. Semoga selalu berbahagia
    Kadang, jodoh saling menemukan dengan cara yang aneh dan ga terduga. Namanya juga jodoh, siapa yang tahu :D

    BalasHapus
  9. waaaah, selamat ya kak :D semoga langgeng

    BalasHapus
  10. Selamat ya, ananda. Semoga kekal sampai kakek nenek. Amin.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah. aku malah Bayangin momen itu aku gimana ya hihi

    lanjut mana ceritanya. lanjut lanjut

    BalasHapus
  12. Dodooooo, aku bacanya auto senyum iih. Selamat ya do. Saluuut, langsung ta'aruf. Semoga langgeng dengan Novia 👍. Ga sabar baca lanjutan cerita do 😄

    BalasHapus
  13. Ya Allah Dodooo, telat banget aku bacanyaaa.. Btw doa mah insya Allah gak ada kata telat ya, semoga sakinah, mawaddah wa rahmah. Sudah ku duga tokoh fiksi itu beneran nyata.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw iyaaa mba, modusan aku aja itu tokoh fiksi, aslinya yang ditulis senyum senyum sendiri pas baca blog ku wkkwkwwk

      Hapus
  14. Maraton baca postingan Dodo, ealah sudah beristri ajaa nih!! Semoga samawa ya Dodo dan Novi!! Kaya cerita FTV aja nih. Hihihi emang jodoh tuh ga ke mana ya. 🥰

    BalasHapus
  15. Ya ampun Dodo, selamat yaaa :) Aku sudah lama sekali nggak blog walking lagi (maklum sok sibuk jadi budak korporat :-P), eh ternyata kamu sudah update status menjadi pria beristri hihihi. Semoga langgeng, dimudahkan jalan berdua, lalu bertiga, dan seterusnya, jaga kesehatan, dan jangan lupa bahagia :))

    BalasHapus