Tutorial Cara Mendapatkan Office Ori secara Free! Bukan CLICK-BAIT!

 



Haloo gaysss.. Kali ini aku akan membuat suatu postingan yang agak berbeza. Aku mau sedikit sharing mengenai tutorial cara mendapat aplikasi Microsoft Office yang ori alias bukan bajakan. Iyaa, beneran ori 100%. Disclaimer dahulu, ini bukan click-bait yaah! Hihihihiii..

Isu memilih menggunakan aplikasi resmi atau memilih menggunakan aplikasi bajakan sudah cukup sering menjadi perbincangan di kalangan teman-temanku. Ada yang mengatakan tidak mengapa menggunakan aplikasi bajakan, toh kalau beli aplikasi yang resmi harganya cukup mahal. Ada pula yang mengatakan menggunakan aplikasi bajakan tidaklah dibenarkan. Kita masih bisa menggunakan aplikasi lain yang serupa, yang sifatnya open source dan free alias gratis tis tiss..

Jika boleh menggunakan sedikit bahasa agama, aplikasi bajakan atau ilegal tidaklah halal alias haram, karena sama saja mencuri. Sedangkan jika menggunakan aplikasi resmi yang legal, adalah halal. Kira-kira seperti itu.
Namun, mari kita sudahi perdebatan halal-haram ini. Karena baru beberapa bulan ini saja aku menggunakan aplikasi yang legal. Bertahun-tahun sebelumnya, aku masih menggunakan aplikasi ilegal a.k.a. bajakan. HAHAHA.
 
Aplikasi apa yang sering dibajak orang?
Yaa, sesuai judul postingan ini, Microsoft Office merupakan program aplikasi yang kerap kali dibajak secara terang-terangan. Entahlah, banyak orang yang mungkin tidak tahu bahwa aplikasi yang mereka gunakan adalah bajakan. Banyak yang mengira, termasuk aku (di zaman dahulu kala), bahwa Microsoft Office dapat digunakan secara gratis dan cuma-cuma.
 
Well, apa sebab aku ber-hijrah daripada aplikasi ilegal kepada aplikasi legal?
Jawabnya ialah, kerana suatu story di aplikasi WhatsApp.
Saat itu, aku mengunggah suatu gambar yang di-design menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint bajakan. Kemudian, story tersebut di-reply oleh seorang guru. Intinya, belio menasihatiku bahwa tidak “berkah” menggunakan aplikasi bajakan.
Belio menyarankan menggunakan aplikasi open source saja seperti LibreOffice atau menggunakan GoogleDocs yang bisa diakses secara online dan gratis. Sebagai murid yang baik, aku mengamini perkataan belio. Aku memilih menggunakan program WPS Office, sebab program ini yang paling mirip dengan Microsoft Office.
 
Skip.. Skip..
Tiga hari yang lalu. Aku dan temanku, Aldan, berencana untuk membeli Microsoft Office yang resmi. Kami berencana membeli Microsoft 365 Family, harganya Rp 1.199.999 per tahun alias 1,2 juta rupiah. Paket ini untuk enam orang. Artinya, satu orang membayar Rp 200.000 setiap tahun. Ternyata, tidak terlalu mahal.
 



Aku selanjutnya men-japri beberapa teman untuk mengajak membeli produk ini. Harapannya, agar terkumpul enam orang.
Kemudian, ada teman yang membalas chat dariku, “Aku sudah punya Office yang ori, Doo. Dapat dari kampus. Hahaha.” Temanku itu berkuliah di salah satu kampus top di Indonesia.

Ahha! Aku ada ide. Kenapa aku tidak mencoba men-download aplikasi Microsoft Office dengan menggunakan email kampus. Gratis pikirku. Lumayan, tidak jadi keluar uang dua ratus ribu rupiah, ehehee.

 
Oke, tanpa basa-basi lagi. Beginilah langkah-langkahnya.

Pertama, pastikan kamu punya akun email dari kampus.
Aku akan menggunakan akun email yang didapat dari kampus, ***********@student.un***.ac.id.



Kedua, mendaftar akun Microsoft menggunakan email tersebut.
Buka browser, silahkan menuju www.microsoft.comKemudian daftar akun menggunakan email kampus. Setelah itu login seperti biasa.



Ketiga, cari produk untuk Student.
Setelah itu, akan muncul tampilan di halaman seperti ini. Pilih Microsoft 365.



Pilihlah Microsoft 365 untuk pelajar dan pengajar. Caranya simpel, tinggal di-klik. Hehe.




Setelah itu, muncul seperti ini. Masukkan alamat email student-mu. Pilih segera mulai.



Selanjutnya, pilih I'm a student. Kemudian Sign in, dan OK, got it.





Tadaa.. Tampilan menu di halaman sudah berubah. Kini, Office 365 telah siap untuk di-download. Kamu tinggal klik Install Office, kemudian klik kotak dialog yang muncul. Install Software.



Surprisingly, ternyata Office 365 untuk Student gagal di-download. HEHEHEHEEEEE...

Terdapat tulisan seperti ini.
You currently have not been assigned an Office license that includes the Office desktop apps. Contact your admin for more information about how to get Office for your organization.

Terjemahan bebas dari kalimat tersebut bahwa aku belum diberi lisensi Office dan aku diminta untuk menghubungi admin dari organisasi aku berasal. Mungkin maksudnya adalah pihak Rektorat kampus.

 

Maka, aku bisa mengambil kesimpulan bahwa nampaknya kampusku belum melakukan kerjasama apapun dengan pihak Microsoft. Jadi, program aplikasi Office for Student belum bisa diakses.
Kesimpulannya, tutorial kali ini gagal. Tutorial ini akan berhasil apabila kampus telah bekerjasama dengan pihak Microsoft.


Yaa, yang namanya Tutorial. Sama seperti kehidupan di dunia yang fana..
Tidak harus selalu berhasil, kadang juga ada masa gagal, kan!

Hehehe.....

Share:

69 komentar

  1. Thanks for the shoutout ehehe.
    Kampus top mah enak, udah dapet office for education secara free, merekapun dikasih lisensi Windows 10 Education, yg fitur2nya mirip Windows 10 Pro, and also it's free :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, tapi kita tetep kudu bersyukur. Sebab tidak semua orang mendapat akses ke pendidikan tinggi #eaa

      Hapus
  2. Saya ketepatan ikut pelatihan Office 365 dari lembaga pendidikan yang habis deploy office secara legal. Jadi aku punya akun ...@....sch.id. Enak banget itu udah. Beruntung bisa ikutan.

    BalasHapus
  3. Hahahah Mas Dodo bisa aja nih bikin judul, bukan click bait. >.<
    Tapi cara ini memang ampuh buat yg student beberapa universitas. Dulu kampus ku juga menggratiskan office legal untuk mahasiswanya, tapi itu udah bertahun2 yg lalu sih. Hehehe.. Skrng harusnya juga masih. Tapi karena aku udah lama lulus, jadi kayanya udah ga bisa nyoba cara yg Mas Dodo kasih. Anyway, thanks for the tips Mas Dodo

    BalasHapus
  4. Kalau bukan email kampus bisa nggak Do...Terus kalau secara umum supaya bisa download gratis dengan email pribadi bisa nggak Doo..Harus seperti apa Doo.πŸ™„πŸ™„

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya bisa pake aplikasi office untuk mobile. Di post selanjutnya akan dibahas, insyaa allah :D

      Hapus
    2. Ok ditunggu post berikutnya..😊😊

      Hapus
    3. Oke mas, sambil nunggu sampean mangkal dulu di lampu merah ya.😁

      Hapus
  5. boleh di coba nih kawan, jujur paling males kawau makai yang free, sikit-sikir bayar dan ada iklannya yang lebih parahnya, heem, salam kenal mas

    BalasHapus
  6. Yah, ternyata harus menggunakan email kampus. Kalo menggunakan email SD bisa ngga ya untuk download Microsoft office?

    Memang benar sih ngga semua harus berhasil seperti mendownload aplikasi ini. Banyak juga yang lama pacaran tapi kawinnya dengan orang lain.πŸ˜†

    Eh, Dodo mah ngga boleh pacaran ya.🀣

    BalasHapus
  7. Aku sudah ikut lega bacanya ketemu ide konekin email ke email kampus.
    Eeh setelahnya begitu baca tadaaaa .. ,makjLep rasanya ikut kecewa dengan kegagalan cinta, ,*eh kegagalan gabung microsoftnya kampus ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaah ..
      Muncul Emotnya kayak gitu bentuknya :(

      Kuulangi lagi akh ..
      Nih :

      (‘◉⌓◉’)

      Hapus
  8. Hubungi aja admin kampusnya supaya bekerjasama.

    Btw balik lagi nih pakai yg ilegal? hihi.. mending beli patungan aja, kalau memang diperlukan 200 rb setahun itu cukup setimpal lah plus dapat berkah ya πŸ˜†

    BalasHapus
  9. Ooooooh ya kalo gitu sebaiknya kamupus bekerjasama dulu dengan si Ms. Office nya supaya para pengajar dan murid bisa mengaksesnya kan lumayan ya kalau beli uwow harganya. TFS mas Dodo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalo beli, yang patungan 6 orang hanya 200rb per tahun sih. Menurutku ga terlalu mahal. Aku ada rencana nanti untuk beli itu, tapi nanti lah heheee

      Hapus
  10. Hampir aja aku komen kalau kyknya ini tutorial gak bekerja di aku gara-gara aku gak punya e-mail kampus πŸ™ˆ. Ternyata eh ternyataaaaa, emang tutorialnya gak bekerja juga di kamu ya, DoπŸ˜…. Tapi gakpapa. Yang namanya tutorial, entah itu bekerja atau nggak, tetaplah sebuah tutorial.πŸ˜‚

    BalasHapus
  11. Yoi, mbak... Tutorial kan ga harus selalu berhasil hehehe πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  12. Ujung-ujungnya ada plot twist dong 🀣
    But thank you untuk tutorialnya lho! Ini ilmu yang bermanfaat banget untuk mengurangi pembajakan. Aku jadi kepo ingin mencoba, tapi sayang, udah nggak sekolah 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wowowkk, bener. Plot twist nya, tutorial nya gagal hahaha

      Hapus
  13. Ahahaha... Tetap semangat ya Mas.
    Semoga selanjutnya bisa dapat yang legal ya.

    Kalo saya kemarin tuh emang beli notebook yang sudah terinstal microsoft office di delamnya. Jadi cukup aman lah.

    BalasHapus
  14. Boa noite Dodo. Obrigado pela sua visita. Fico muito feliz em lhe ter na minha lista de amigos e seguidores do meu Blogger.

    BalasHapus
  15. hahahaha, meski gagal setidaknya saya jadi tahu, kalau pengajar maupun mahasiswa bisa dapetin microsoft free, kereenn.

    Saya malah nggak pakai microsoft, saking masih belum mau bayar hahaha.

    Untungnya sih saya jarang pake word dll itu, palingan anak saya.

    Tapi pakai sejenis microsoft juga bisa kok :D
    Yang free aja dulu :D
    *Jangan dicontoh! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, tapi tidak semua mahasiswa atau dosen yg bisa dapat. Hanya kampus tertentu yg sudah kerjasama dengan Microsoft :D

      Hapus
  16. Yah Mas Dodo, aku bukan guru atau murid, jadi g bisa dapet gratisan dan legal nih?
    Kalau sekarang tiap beli PC atau notebook di tempat yang resmi keknya udah include microsoft nya juga. Kemarin kantor baru beli laptop baru, dan sama distributornya udah di install langsung sama microsoft nya.

    BalasHapus
  17. sekarang memang microsoft office lebih murah dan bisa dipakai di banyak akun, ya.

    BalasHapus
  18. Udah sungguh-sungguh nyimak sampai akhir?? Ternyata eh ternyata hasil gagal. Iya nggak apa-apa yang penting tutorial nya benar.. yang penting sudah usaha... ada hasil atau nggak urusan belakang.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iyaa yg namanya tutorial. Tidak ada jaminan berhasil tidaknya :D

      Hapus
  19. Wah pingin juga windows10 gratis, itu enak mah. Klo saya beli yang offline...

    Sekarang mulai menggunakan spredsheet alternatif gratisan

    BalasHapus
  20. kalau masih lingkup kampus emang koneksinya buat dapat ginian cepat ya do


    menggiurkan bener, tapi ya harganya pancen mahal sih ya hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo patungan ber-6 ga terlalu mahal insyaa Allah mbak. 200rb per tahun untuk satu orang.. Sama kayak sewa hosting [dot]com, segitu juga kalo ga salah yaa

      Hapus
  21. Ternyata gagal wkwk Coba lagi kak 🀣

    BalasHapus
  22. Benar adanya dengan literasi kita bisa mendapatkan banyak informasi🍭Thank you kak. Semangat

    BalasHapus
  23. Pernah baca tentang ini tapi belum tahu bagaimana mempraktekkannya.
    Kalau langganan harganya memang lumayan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa betul, lebih murah apalagi kalo patungan yg paket Family hehehe

      Hapus
  24. waaah bermanfaat banget buat teman2 yang blm punya office ori yaa, kudu banget di coba nih. kebetulan officeku bawaan dr laptopnya, bersyukur banget :D

    BalasHapus
  25. Harganya lumayan juga ya
    Untung ada yang gratis
    Saya jadi mau nih

    BalasHapus
  26. Kemaren aku udah conba kak, dan yah memang yang gratis itu mobile aja wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, versi mobile yg bisa kita donlot. Sila cek di postingan selanjutnya hahaha

      Hapus
  27. Setidaknya diriku ini pernahh berjuangggg :')

    BalasHapus
  28. Ini guru guru di sekolahan saya dapat pelatihan gratis untuk office 365.dikasih akun gratis juga dari dinas propinsi jateng.
    Alhamdulillah bisa untuk alternative pjj

    BalasHapus
  29. kukira bisa nian pakai email pelajar, kalo bisa nian lansung install aku, lumayan kan.
    btw sebelum nginstaal office yang ori, o.s. nya juga harus ori dulu kalo nak halal nian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake Word mobile dik coba..
      Btw alhamdulillah OS ku ori, Windows 10. inshaa allah halal yee wkwwk

      Hapus
  30. Gue yg masih make Microsoft office 2010 be like... hhhmmm
    Laptop aing keluaran tahun 2010.. Udah bundling OS windows.. walaupun udh ganti mesin, tapi entah kenapa itu bundlingan OS masih aja nempel di laptop.. Yah lumayan... skrng abis upgrade Hardisk yg tipe SSD. Skrang udh upgrade windows juga via web remsmi ke win 10..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. Kalo dari awal beli laptop yg OS nya ori, bisa dapat upgrade gratis. Laptopku jg gitu, beli nya dapat Windows 8, skrng udah di-upgrade ke windows 10.

      Hard disk ku jg kmren rusak, mas. Diganti ke SSD. udah jd lebih enteng skrng

      Hapus
  31. yang bisa dapat berarti yang dari lembaga ini

    BalasHapus
  32. Wah nice inpoh bang, makasih nanti.akan dicoba.

    BalasHapus
  33. entah mengapa toturial terlihat menggelitik :D
    bayangkan orang sudah ikut step by stepnya kemudian yang dia dapatkan adalah kondisi diakhir ini kwkkw

    BalasHapus
  34. Barulah seneng karno akun email kampus biso dipake buat microsoft resmi eeehh tapi ya tapi, dak papolah yeeh setidaknya tau info. Besok besok kalau S2 siapa tau dapet kampus yang sudah kerjasama hehe

    BalasHapus
  35. Benar-benar out of the box kau Do awkakwoakek. Kebanyakan tutorial tu bimbing sampe berhasil :v

    BalasHapus