Aplikasi Alternatif selain Office 365


Menyambung postingan sebelumnya mengenai Cara Mendapatkan Office 365 secara Legal, namun gagal. Kemudian muncul pertanyaan, apakah aku masih menggunakan Office yang ilegal atau bajakan?
Jawabannya adalah, aku masih menggunakan Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint dengan versi lain yang lebih ringan, yakni versi mobile (untuk ponsel). Jadi, aku menggunakan aplikasi untuk mobile di PC. Aplikasi ini insyaa Allah gratis alias free.

Bagimana caranya?
Kamu tinggal download saja di microsoft.com. Aplikasinya bernama Word Mobile, Excel Mobile dan PowerPoint Mobile. Gambar di bawah ini adalah contoh untuk Word Mobile. Untuk Excel Mobile dan PowerPoint Mobile aku tidak memberi contoh karena malas. Silahkan download saja sendiri. :)


Kemudian, beginilah tampilan awal sebelum masuk.


Dan ini adalah tampilan halamannya. Memang sedikit agak berbeda dengan Microsoft Word yang biasa.


Menu yang tersedia di sini memang lebih sedikit dan simpel. Tapi, beruntungnya menu yang tersedia memang yang benar-benar sering kita pakai. Sebagai contoh, berikut ini adalah tampilan menu Home, Insert dan Layout.




Jadi, apa yang aku rasakan ketika memakai aplikasi Word Mobile?
Untuk kelebihannya, pastinya harganya gratis. Kemudian, penggunaannya yang lebih enteng dan simpel daripada Microsoft Word biasa.

Sedangkan, untuk kekurangannya, kamu tidak akan menemukan menu Save as. Dokumen akan otomatis tersimpan sendiri di cloud, dengan nama Document 11. (misal). Jadi, ketika akan mengubah nama dokumen, harus memilih menu Save a copy of this file. Menurutku, langkah-langkah seperti ini kurang efektif, tidak bisa langsung menyimpan dokumen.
Tetapi, wajar saja sih ada kekurangan yang membuat pengguna tidak nyaman. Namanya saja aplikasi gratis, hehehe..


Oh yaa, review terakhir untuk aplikasi Word Mobile adalah pada menu export file. Hanya tersedia satu pilihan selain .docx yaitu .pdf.
Apakah hal ini merupakan suatu kelebihan atau kekurangan? Tergantung persepsi masing-masing untuk menjawabnya.



Oke lanjut ke aplikasi kedua, Excel Mobile.



Beginilah tampilan awalnya ketika hendak masuk ke aplikasinya.


Bisa kita lihat pada gambar di bawah ini, bahwa Excel Mobile tidak berbeda jauh dengan Word Mobile. Keduanya sama-sama simpel. Menu-menu dibuat menjadi lebih sederhana.
Aku tidak bisa me-review lebih banyak. Karena aku tidak terlalu sering menggunakannya. Aplikasi ini hanya aku gunakan untuk mendata perkembangan bisnis dagangan dan memantau pengeluaran bulanan. Tidak terasa, sudah lebih dari 700 ribu pengeluaranku di bulan ini. Wkwkw.



Aplikasi terakhir, PowerPoint Mobile.


Untuk tampilan awalnya seperti ini.



Bisa kita lihat bersama, menu yang tersedia cukup sederhana. Sejujurnya, hal ini menyulitkan bagiku. Sebab, aku terbiasa membuat desain gambar sederhana dengan PowerPoint. Namun, pada aplikasi ini, banyak fitur yang dihilangkan. Ini adalah isi dari menu Insert dan Design. Sangat sedikit sekali.



Satu lagi hal yang paling menganggu di PowerPoint Mobile adalah format penyimpanan.
Aku biasa menyimpan gambar desain dari aplikasi ini dengan format .jpg atau .png. Di Microsoft PowerPoint biasa, hal ini dapat dilakukan dengan cara export file atau save as. Akan tersedia berbagai jenis format selain .pptx, seperti .jpg, .png, .pdf, .gif, .bmp, .tif, dan sebagainya.
Di aplikasi PowerPoint Mobile, seluruh format tersebut tidak tersedia. Hanya tersedia satu format saja, yakni .pptx.


Dan di bawah ini, adalah contoh desain gambar yang aku buat. By the way, desain gambar ini di-upload di Instagram sebagai konten microblog ala-ala. Hihihii.
Dengan segala keterbatasannya, maka PowerPoint Mobile tidak bisa digunakan untuk menyimpan hasil gambar. Aku menggunakan aplikasi lain yaitu WPS Power Point. Di sana, tersedia format .png dan .jpg.

Tampilan di PowerPoint Mobile


Tampilan di WPS Office, ketika hendak menyimpan

***

Demikianlah review dariku mengenai tiga aplikasi tersebut. Semoga bermanfaat!
Sebenarnya, ada satu rahasia. Aku men-download ketiga aplikasi tersebut dengan email student yang didapat dari kampus. Dilema, sih. Sebab, saat ini aku bukan lagi student. Tetapi, masih menggunakan akun tersebut. Di sisi lain, dari pihak kampus kenapa belum menon-aktifkan akunku. Maka, aku masih tetap bisa memakainya dong, ehehee.
Jadi, apakah aplikasi ini halal bagiku? Entahlah, hehe.

Oh yaa, terakhir. Katanya, jika kamu menggunakan email biasa (gmail, misalnya), maka aplikasi ini tidak akan bekerja. Tidak bisa digunakan untuk mengedit sesuatu, hanya berfungsi read-only saja. Word Mobile dan kawan-kawannya harus di-download menggunakan email student.
Apakah mitos tersebut benar? Aku tidak tahu. Aku sarankan kamu untuk segera men-download-nya dan share pengalamanmu tentang ini di kolom komentar, yaa!


Share:

54 komentar

  1. Saya baru tau ada yang mobile mas, selama ini pakai yang 365. Itupun yang sekali bayar biar nggak perlu subscribe dan bayar mahal 😂

    By the way, apakah versi mobile ini memang dikhususkan untuk student? Kenapa nggak bisa pakai gmail, yah. Padahal yang pakai mobile version nggak semuanya student 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku ga tau mbak, itu hanya isu. Apakah bener atau tidak, aku belum pernah coba. Sebab Download aplikasi ini pake email student sih 😅

      Hapus
  2. Kok nggak bisa pakai GMAIL yaa Doo..Banyak juga yaa Do kekurangannya..Masih enakan yang 365 Doo...Tapi kalau Darurat sih bisalah diandalkan..😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga tau bisa atau tidak. Coba om satria Download dulu aja pake gmail 😀

      Hapus
  3. Aku belum pernah menggunakan tiga aplikasi itu, kalo buat tulis menulis aku menggunakan aplikasi chrome bawaan android, insya Allah halal sih karena gratis.😃

    Selain chrome, ada lagi aplikasi bawaan lain yaitu wps office tapi jarang digunakan karena sudah sreg dengan chrome. Selain chrome juga pakai Opera browser, insya Allah halal juga karena digratiskan dari sana nya.😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku dari jaman symbian sampai sekarang menulisnya di App Xplore 😆

      Hapus
    2. Aku jg pake WPS loh mas di laptop. Dua2 nya ada kelebihan n kekurangan masing2 😀

      Hapus
    3. Jarang aku pakai wps kang karena lebih enak menulis langsung di browser

      Hapus
  4. Oh, kenapa bisa begitu ya ngga bisa maksimal fungsinya kalau pakai gmail 🤔 ?.

    Aku kalau ngutak ngatik nyetting jeroan qplikasi kompi kayak world dan excel mobile, maaf ngga pernah atau tepatnya belum permnah, mas.
    Taunya cuma gunain saja, hahaha ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga tau bisa atau tidak kalo pake gmail. Monggo dicoba aja mas heheh

      Hapus
  5. Tetap unggul yang Office 365 yaa Do kalau dipikir2... Tapi yaa tergantung kebutuhan saja yaa Do..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, enakan office krn kita udah terbiasa dari dulu 😀

      Hapus
  6. Kalo mo office yang komplit dan gratis bisa coba main ke archive.org atau winworldpc.com. Tapi office yang ada hanya versi lawas ya (yang terbaru buat windows pun versi 2000). Tapi katanya abandonware semacam itu masih abu-abu masalah legalitasnya

    BalasHapus
  7. Sama seperti Mas Agus, saya juga kurang paham soal office2an dan ketiga aplikasi yg disebutkan, itu dipakai buat tempat menulis kah?

    BalasHapus
  8. Wah bisa dipakai di PC juga ya.. Artinya kalau pakai versi ini di PC berarti Halal ya... Kan versi gratis dari sang empunya program..

    BalasHapus
  9. Eh aku baru tahu lho, office mobile bisa diinstall juga di laptop.

    Office mobile ini versinya cukup simple sih emang, daripada ngetik di note. Kebetulan pas ganti hape yang sekarang ini udah ada jadi aplikasi bawaan. Tapi tetep aja lebih nyaman ngetik di laptop ahaha..

    Ini info yang bermanfaat banget nih Mas Dodo, thank you lhoo jadi tau hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, tetep laptop yg lebih nyaman dibanding hape Yaa mbak hahaa

      Hapus
  10. Berhubung aku gak punya PC, jadi aku gak pusing-pusing pasang Microsoft office di laptop, Do. Tapi emang bener sih, tiga aplikasi itu paling sering dipake di antara aplikasi Ms Office lainnya. 🤭

    Kalau aku untuk kepentingan ketik mengetik aku lakukan semuanya di hape, do. Cukup satu aplikasi, bisa buat dokumen setara word, powerpoint, sama Excel. Buat baca file pdf pun bisa. Dan selama ini pake yang basic doang di aku udah cukup, jadi gak perlu bayar-bayar lagi alias gratis.🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah ternyata mbak nya nulis blog lewat hape jg yaa? Kereen nih

      Hapus
  11. Selama janur belum melengkung.., eh.., selama akun masih bisa digunakan, sah lah... :D

    BalasHapus
  12. Aku pernah lihat aplikasi-aplikasi ini di Playstore tapi nggak pernah coba karena dulu keseringan pakai WPS office di hp 😂. Sekarang karena lebih sering pakai Excel, aku lebih sering pakai "Sheets" dari Google yang langsung nyambung ke Gdrive itu Kak 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sih, srkng enakan di drive. Langsung otomatis, connect semua ya

      Hapus
  13. aku baru tahu kalau office mobile bisa diinstall di laptop. Di hp ku juga terinstall office mobile. Tampilannya memang sangat simpel. Jadi untuk kebutuhan mengetik sudah cukup bagus

    BalasHapus
  14. Namanya mobile, tapi bisa dipakai di laptop ya,,,
    Kadang saya masih bingung dengan istilah Microsoft office 365. Beda lagi dengan microsoft 2013 dst ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. 365 adalah versi terbaru dari Microsoft Office 2013, mbak.. 😀

      Hapus
    2. Bedanya hanya cara dari kita membelinya. Microsoft Office 365 dibeli dengan cara berlangganan, sehingga kita wajib membayar per tahun, dan bakal dapet update seterusnya
      Sedangkan office 2019, 2016, 2013 dll itu, kita bayarnya satu kali saja. Kekurangannya, kita bakal stuck di versi itu itu saja

      Hapus
  15. Ternyata bisa diinstall di laptop? Ke mana saja saya selama ini. Taunya cuma pakai yang versi Crack2an. Astagfirullahaladzim.

    Tapi saya suka sama interfacenya. Simpel banget.

    Kalau mencatat pengeluaran sama pemasukan, saya pakai aplikasi "catatan keuangan" di hp. Kayaknya lebih mudah, karena visa langsung ditulis langsung
    daripada harus buka-buka laptop dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa, saya sarankan mas nya coba Download yg mobile 😀

      Hapus
  16. Ini dipasangi oleh ponakan di hape saya. Tapi ternyata sayanya yang susah beradaptasi..hehe. Faktor U. Tidak seperti anak muda.
    Saya terlalu merasa tidak bisa cepet pakai PowerPoint yang mobile. Unak unuk gitu mas bahasa Jawanya.
    Apalagi yang excel . Makin unak unuk saya kalau di hape 🤭

    BalasHapus
  17. Kalo aku yang pernah make word mobile yang ku download lewat playstore.
    Makenya sampe setahunan juga, karena laptopku rusak.
    Jadi aku ngetik di hp melalui word mobile. Walau nggak nyaman, tapi bisa lah.

    BalasHapus
  18. ada versi mobilenya juga
    Wow keren banget
    Kalau bicara soal legan dan non legal
    Saya jadi malu

    BalasHapus
  19. astagaaaa, apa cuman saya yang pas baca judulnya, kirain ini mau bahas kamera yang bikin muka cantik mulus itu, apa ya namanya? kamera 365 atau 360 ya? hahahahaha.

    Saya lupa sih, kalau lewat mobile pakai apa ya? soalnya saya jarang banget nulis lewat hape, selalu diusahain buka laptop :D

    BalasHapus
  20. Wahhh baru tau banget disini terkait alternatif dari 365 wuehehe.. saya dpt 365 juga dari kampus gratis, jadi ya sampe sekarang pake itu terus hihih.. Terima kasih infornya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh keren dong kampusnya, beda dgn kampusku yang ga dapat wkwkwk

      Hapus
    2. Wueheheh gatau juga sih itu bakal ilang kalau sudah tidak jadi mhs lagi.. Syang banget sih huhuw

      Hapus
  21. Aplikasi itu yang buat manusia jadi wajar jika ada kekurangannya hiyahiya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya punya kekurangan krn ini free. Coba sampeyan mbayar, pasti dapat fasilitas yg lebih baik hahaah

      Hapus
  22. Mantap infonya bang, coba lah hehe.

    BalasHapus
  23. Nice Do, sementara WPS Office dulu, nanti kapan-kapan coba juga hehe

    BalasHapus
  24. Mantep kak sangat bermanfaat sekali, makasih tutorialnya heeh

    BalasHapus
  25. Ada yang versi mobile ya mas untuk di install di pc? Melihat pada tutorial ini, walaupun versi mobile ada fungsi terbatas rasanya masih okay la untuk melakukan kerja.

    Kalau di hp biasanya guna WPS.

    BalasHapus
  26. Blm pernah pake yg mobile mas. Slama ini pake yg 365, tapi sejujurnya semua diurus suami pas beli laptopnya :D. Jd masalah bayar aplikasinya, akupun ga ngerti hihihi... Kalo lwt ponsel aku jrg , ga pernah malah pake word dkk. Makanya malah baru tau ada versi mobile :D

    BalasHapus
  27. Nais info kak hehe.

    Otewe kepoin lagi deh hal hal beginian. Dari dulu saya asal pakek aja yang ada di Lepi 😂

    BalasHapus
  28. AKu ga paham meginian. Tapi setahu aku sih ms office dll dipasangin langsung ketika membeli laptoknya. Memang mahak sih sekitar 1,5 juta. Waktu itu ada teman yang menawarkan masa harganya cuma 400K aja itu ada kode2nya dan sampai sekarang baik2 aja sih dipake di laptop anakku.

    BalasHapus