16. Prambanan

Candi Prambanan

Kami tiba di Candi Prambanan pada sore hari, setelah melakukan perjalanan sekira dua setengah jam.
Kami tiba di lokasi sekitar pukul setengah lima sore.

Kawasan wisata Candi Prambanan, ternyata dikelola oleh salah satu BUMN yakni PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT. TWCBPRB).
Sesuai namanya, PT. TWCBPRB mengelola tiga candi yang ada di Provinsi Jateng dan DIY.



Dalam perjalanan dari Pantai Drini menuju Candi Prambanan, ada hal unik yang ku jumpai. Bus kami melewati salah satu pos polisi yang bertuliskan Pos Piyungan.
Piyungan adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bantul, Provinsi DIY.
Enam tahun lalu, di tahun 2014, kecamatan ini menjadi sangat terkenal karena muncul website yang memakai nama Piyungan. Website ini disinyalir menjadi penyebar hoax.
Jika di tahun itu kamu mengikuti bagaimana perkembangan politik tanah air, aku yakin kamu tahu website apa yang dimaksud.

Yaps, website tesebut adalah pk*piyungan.com atau kemudian berubah menjadi portalpiyungan.com. Website ini betul-betul provokatif dan merugikan partai tersebut (pk*). Padahal, itu hanya inisiatif orang-orang yang berada di grass root, bukan di kalangan elite.
Namun, kabar baiknya adalah pengelola website tersebut tidak lagi berada di dalam pk*. Kata orang, mereka sudah bergelora dengan kapal barunya. Mereka telah pindah arah, ke arah baru yang dianggap lebih baik. No problem. Bukan itu masalahnya, setiap kita bebas mau menentukan mengikuti kelompok manapun. Kita adalah manusia yang merdeka!
(Yang dak ngerti diem lah bae, wkkwkwk)

Pos polisi Piyungan, difoto dari dalam bus

Kami kemudian menuju pintu masuk Candi Prambanan. Menurutku, tempat ini sangat excited. Kompleks candi ini begitu megah, menandakan peradaban zaman dahulu yang sepertinya begitu canggih.
Menurut Wikipedia, Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Berdasarkan sejarah, telah dibangun sejak abad ke-9 masehi. Kompleks candi ini terletak di area perbatasan provinsi Jateng dan DIY. Di wilayah Jateng, masuk di Kecamatan Prambanan, Kabupaeten Klaten. Untuk wilayah DIY, masuk di Kabupaten Sleman dengan nama kecamatan yang sama; Kecamatan Prambanan.
Rute dari Pantai Drini menuju Candi Prambanan

Ketika kami mengunjungi Candi Prambanan, keadaan saat itu adalah akhir tahun. Artinya, banyak yang sedang melaksanakan liburan. Tempat wisata ini menjadi sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Ada keluarga, anak-anak sedang digandeng orang tua mereka, pengantin baru sedang bermesraan berjalan dengan saling menggenggam tangan seolah dunia milik mereka berdua, hingga ada pasangan yang masih pacaran (belum menikah) asyik bercumbu di bawah pohon jambu!

Area sekitar pintu masuk, Candi Prambanan terlihat dari kejauhan

Tak banyak kegiatan yang kami lakukan di sana, kecuali.... hanya berfoto-foto.
Di bawah ini beberapa foto yang aku ambil, ada juga yang menggunakan kamera dan ponsel teman.


Prambanan dari kejauhan

Adit, Sanny, Royhan dan Aku


Bersama Pembimbing Skripsi. Kata orang, kami mirip kwwkk



Ketua Jurusan Teknik Elektro Unsri di masa depan dan Ketua Jurusan Teknik Elektro hari ini, kwkwkw

Kegiatan kami di Pambanan resmi berakhir sekitar pukul setengah enam petang. Tidak lama lagi hendak maghrib. Kunjungan di candi ini diakhiri dengan foto bersama.


Teknik Elektro Unsri angkatan 2015 di Prambanan

Bersambung..

Share:

8 komentar

  1. Oh, aku baru tau dari post ini kalau ada website piyungan yang kontroversial itu ...
    Kok ya ada-ada aja, sih.

    Keren kan candi Prambanan 🙂.
    Sempat mengeksplore ke candi-candi lain yang ada di kompleks candi Prambanan ngga, mas ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dong... Seluruh candi di kompleks tersebut pasti dieksplor hiihi

      Hapus
  2. Candi Prambanan emang bagus untuk foto-foto, viewnya itu lho memanjakan mata

    BalasHapus
  3. Sejauh ini cuma dapat kiriman photo aja sih dari Prambanan. Adem gitu liatnya. Lagi dan lagi, semoga pandemi segera berakhir biar kami bisa berangkat PKL wkwk

    BalasHapus
  4. Haha wajar aja pas pertama denger "piyungan" kok ga asing. Eh ternyata emang website yang pernah nge hits di jamannya. Makasi kak dah apdet kondisi terakhir mereka :v

    Btw, candi prambanan emang keren parah ya. View di foto terakhir pun cakep banget. Semoga berkesempatan berkunjung kesana.

    BalasHapus
  5. Ayo lebih baik, PK* terbaik. Untuk Indonesia menjadi kekuatan 5 besar dunia :v

    Btw Do, kok katek photo kau bareng cewek2?

    BalasHapus
  6. Baru tau ada website piyungan itu. Kudet banget, dasar aku ��

    BalasHapus