Cinta Tak Pernah Tepat Waktu


Memasuki bulan Februari, yang katanya bulan Cinta, marilah kita membahas tentang cinta-cintaan. #Eaakk.

Apa yang hendak aku bahas? Sebuah novel lama, terbitan pertama di tahun 2005 bulan Mei. Karya Om Puthut Ea, berjudul Cinta Tak Pernah Tepat Waktu.
(Oh yaa, buku yang aku baca adalah cetakan kedelapan, terbitan tahun 2019, diterbitkan oleh Buku Mojok).

Jujur, kesan awal membaca novel ini, aku merasa kasihan dengan tokoh “Aku” di novel tersebut. Terkadang memaki-maki dalam hati kepada si tokoh tersebut, “Geblek! Kok elu gitu, sih!”
Namun, beberapa detik setelah memaki, aku baru sadar akan suatu hal. Tokoh “Aku” adalah aku. Penggambaran aku sendiri (atau mungkin kita semua?). Seorang “sad boy” yang selalu gagal dalam percintaan! :((

Cerita berawal dari sebuah pesta seorang teman. Tokoh “Aku” tiba-tiba didatangi oleh seorang perempuan. Awalnya nampak misterius. Tidak jelas. Namun, setelah ditelaah lebih lanjut, si perempuan adalah mantan pacarnya, yang kini telah bersuami. Dan “Aku”, nampaknya masih memiliki rasa cinta terhadap perempuan itu. Namun apalah daya, si perempuan sudah menjadi istri orang.
Lihat! Sama seperti kisah nyata yang aku alami, bukan!

Entah apa yang memotivasi si perempuan untuk kembali menggoda “Aku”. Menanyakan apakah “Aku” sudah punya pacar lagi, atau masih sendiri. Apakah sedang bahagia atau tidak. Pertanyaan-pertanyaannya seolah mengejek. Waduh. Menurutku, perempuan itu jahad sekali, sih.

Setelah agak lama si perempuan mengganggu, teleponnya berdering. Si suami menelpon, mengatakan bahwa ia telah menunggu di depan. Tanda hendak pulang. Kemudian, si “Aku” bertanya kepada si perempuan. Kenapa suaminya tidak masuk ke sini saja, menemui mereka berdua. Si perempuan menjawab, bahwa suaminya sangat cemburu kepada “Aku”.
Benar-benar perempuan yang aneh, kan!

Tak berselang lama, masih di pesta yang sama, “Aku” kembali didatangi oleh perempuan yang lain lagi. “Boleh pinjam apinya?” kata si perempuan, seraya hendak menyalakan rokok kemudian menghisapnya dalam-dalam.

Dan ketika berbasa-basi dengan si perempuan yang meminjam korek, “Aku” kembali dibuat terkejut. Dia tidak pernah mengenalnya, namun si perempuan bisa tahu beberapa hal detail tentang hidupnya. Dan dengan agresif, si perempuan mengajak “Aku” untuk berjalan-jalan mengelilingi kota Jakarta.
Perempuan agresif ini, membuat “Aku” sangat tidak nyaman.

Lanjut lagi. “Aku” diperkenalkan dengan perempuan lain oleh ibunya. Tidak cocok lagi. Padahal si perempuan nampaknya sudah suka.
Beralih ke perempuan lain yang “Aku” temui, si perempuan sudah cocok. Ada yang sampai mengajak nikah. Si “Aku” masih tidak mau.

Di sini lah aku mulai memaki. Kenapa dia tidak terima saja. Mau mencari seperti apa, sih. Tapi yaa namanya cinta, tidak bisa dipaksakan. Si perempuan mau, laki-lakinya tidak mau. Atau sebaliknya, si laki-laki sudah kesengsem, tapi perempuannya tidak menginginkan. Tidak jadi pula suatu hubungan.

Setelah melewati banyak perempuan, yang tentu saja ditolak mentah-mentah oleh “Aku”. Terungkap suatu fakta kenapa hal ini bisa terjadi. Rasa cinta terhadap sang mantan (perempuan yang ada di awal), belumlah sirna. Tokoh “Aku” mau menyembuhkan rasa itu dahulu. Menyelesaikannya. Baru kemudian menjalin hubungan dengan perempuan baru. Percuma saja ketika menjalin hubungan baru, tapi yang ada di hati adalah orang yang lama. Hubungan itu akan menyakitkan.
(SOK IYES BANGET GUE HAHAHA!)

Dan yaa, dari novel ini aku merasa cinta datang benar-benar tak tepat waktu. Ada yang kita cinta, ternyata dia sudah ada yang punya. Ada orang yang cinta kepada kita, tetapi di hati kita masih ada orang lain yang nun jauh di sana. Namun, orang itu pun tidak cinta kita. Benar-benar sulit nampaknya, mencari ketepatan waktu dalam bercinta!

Tags:

Share:

6 komentar

  1. Yaaahhh... Mencintai seseorang yang belum selesai dengan masa lalunya biasanya bikin terluka sendiri sih.

    BalasHapus
  2. Jodoh juga kadang2 datang mendadak. He he ... Selamat malam, ananda.

    BalasHapus
  3. padahal bisa loh pindah ke lain hati
    saya dulu juga gitu, suka ke cewek, tapi ga jodoh
    ya nikahnya sama cewek lainnya lagi, dan bisa2 saja mencintai cewek tsb sebagai istri
    tapi ya gitu, asalkan cewek yang baru lebih baik dari cewek yang disukai sebelumnya

    BalasHapus
  4. Jadi pengen beli novelnya juga kayaknya genrenya ringan tapi bikin kena

    BalasHapus
  5. wah sepertinya ceritanya menarik, apalagi penulisnya ketua suku mojok

    BalasHapus